Rabu, 30 Juni 2010

Tempe Kedelai Asli

Tempe Kedelai Asli



Bahan :
- Kacang kedelai 5 kg -
- Ragi tempe 10 gram -
- Air 100 liter -

Cara membuat :
1. Bersihkan dan rendam kedelai dalam air selama semalam (24 jam).
2. Remas-remas kedelai hingga seluruh kulit ari kedelai terlepas. Cuci hingga bersih.
3. Panaskan panci pengukus, kukus kedelai selama 1 jam. ANgkat dan dinginkan di atas tampah besar hingga kedelai dingin.
4. Pindahkan kedelai dalam kom adonan. Tambahkan ragi tempe, aduk hingga rata.
5. Masukkan campuran kedelau ke dalam plastik atau daun pisang. Lubangi permukaan plastik atau daun pisang hingga rata agar jamur tempe mendapat udara dan tumbuh dengan baik.
6. Masukkan tempe ke dalam tempat yang hangat rak/wadah yang ada ronganya. Tutup dengan kain/handuk kecil. Diamkan /simpan tempe selama 36 jam.
7. Keluarkan tempe dari tempatnya penyimpana dn biarkan tempe dalam suhu ruang.
8. Tempe siap dipasarkan.

Tips :
1. Bila kedelai kukus masih keras, tambahkan proses perendaman kedelai dan kukus kembali, baru lakukan peoses selanjutnya.
2. Proases fermentasi dilakukan dalam rak/wadah yang berongga agar sirkulasi udara tetap terjaga.
3. Saat mencampur kedelai dengan ragi sebaiknya janggan menggunakan tangan, agar tempe yang dihasilkan tidak terkontaminasi bakteri.
4. Pasntikan kulit ari kedelai terlepas dan kedelainya terbelah. Kedelai yang masih terbungkus kulit ari tidak dapat terproses oleh ragitempe dan akibatnya tempe yang dihasilkan akan busuk. Biji kedelai yang terbelah akan menghasilkan tempe yang lebih padat.
5. Setelah tempe jadi, segera bekukan/simpan di tempat yang dingin atau buka plastiknya karena proses fermentasi masih berlanjut. Hal ini dilakukan agar tempe tidak rusak.membuasuk karena proses fermentasi yang berlebihan.

Untuk 80 bungkus

Koki - Edisi 00114 - Februari 2008

0 komentar:

Posting Komentar

Ads

Popular Posts

Pengikut

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More