Jumat, 02 Oktober 2009

Tips & Trik Mengolah Gurami

Tips & Trik Mengolah Gurami

Gurami merupakan salah satu jenis ikan tawar dengan bentuk badan pipih. Mengolah jenis ikan ini memang gampang-gampang susah, agar olahan anda maksimal, ada baiknya perhatikan tips dan trik berikut :
- Pastikan ikan yang diolah segar, lebih baik lagi jika ikan dibeli masih hidup. Ciri ikan segar : Sisiknya melekat kuat, matanya cerah dan menonjol, badannya kenyal jika ditekan cepat kembali dan baunya segar khas ikan.
- Olah ikan gurami yang sudah waktu panen dengan berat 500 gram, ikan yang terlalu tua dan besar biasanya memiliki rasa kurang gurih.
- Adakalanya ika gurami berbau tanah, ikan yang demikian diolah dengn bumbu yang tajampun akan tetap berbau tanah. Jika ikan masih hidup, berok/puasakan ikan beberapa hari sebelum diolah dalam air payau. Untuk meminimalkan dapat ikan berbau tanah, hindari ikan yang ukurannya terlalu besar, berwarna pekat, bentuk tubuhnya tidak umum dan harganya murah sekali.
- Aroma khas ikan memang amis, untuk meminimalkan tambahkan saja air jeruk, kunyit dan jahe.
- Sebisa mungkin gunakan alat ant lengket untuk meminimalkan ikan lengket pada alat.
- Kalau ikan dimatangkan dengn teknik goreng, pastikan saat ikan dimasukkan minyk benar-benar panas dan minyak yang digunkan banyak agar tidak perlu membalik ikan. Jika terpaksa ikan harus dibalik, pastikan permukaan ikan sudah kering saat dibalik agar tidak lengket.
- Ikan yang sudah matang biasanya ditandai dengan berkurangnya suara gemuruh dan gelembung yang mengelilingi ikan waktu dimasak.
- Sebelum ikan yang diolah dengan bumbu perendam (marinade), rendam dulu ikan dengan bumbu selama 2 jam agar bumbu meresap. Bumbu perendam sebaiknya tidak mengandung gula karena saat ikan dipanggang gula akan menjadi karamel dan bisa menyebabkan ikan lengket.
- Bagi yang sedang membatasi lemak, olah ikan dengan cara di tim atau di kukus.

0 komentar:

Posting Komentar

Ads

Popular Posts

Pengikut

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More